Menengok Mahakarya Asli Indonesia di Museum Batik Kuno Danar Hadi

Rabu, 08 Januari 2014

Museum Batik Kuno Danar Hadi
Museum Batik Kuno Danar Hadi
Kota Solo atau Surakarta merupakan satu dari kota-kota lainnya di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Atas dasar tersebut, pemerintah kota Solo memutuskan untuk membangun sebuah museum batik kuno yang diklaim sebagai museum batik terbaik di dunia. Diresmikan pada tanggal 20 Oktober 2000 oleh Ibu Megawati Soekarno Putri dengan nama Galeri Batik Kuno Danar Hadi dan kini telah berubah namanya menjadi Museum Batik Kuno Danar Hadi.

Setelah UNESCO mengakui batik sebagai salah satu warisan dunia yang berasal dari Indonesia, maka tak heran jika pemerintah Solo membangun Museum Batik Kuno Danar Hadi ini. Museum ini juga dijadikan sebagai objek wisata budaya dan sering disebut “House of Batik” atau rumah batik. Didirikan pada tahun 2008 oleh sebuah perusahaan bernama PT. Batik Danar Hadi dan sekaligus menjadi nama dari museum batik kuno terlengkap ini. Dikatakan terlengkap karena museum ini memiliki koleksi batik mencapai 1000 lebih dan pernah mendapatkan rekor MURI sebagai museum batik kuno terlengkap di Indonesia. 

Bermula saat seorang pecinta batik bernama H. Sentosa Doellah mengumpulkan batik dari seluruh penjuru negeri hingga koleksinya mencapai 10.000 lembar dan 600 diantaranya dipamerkan di Museum Batik Kuno Danar Hadi. Koleksinya mulai dari Batik Keraton, Batik Belanda hingga Batik Tiga Negeri.

Museum Batik Kuno Danar Hadi - Batik Cina
Museum Batik Kuno Danar Hadi - Batik Cina
Koleksi yang paling spesial di museum ini adalah koleksi batik kuno dengan motif unik yang terinspirasi dari cerita rakyat atau legenda. Seperti motif Snow White, motif Hans and Gretel sampai motif kisah pangeran Diponegoro. Batik dengan motif Snow White termasuk dalam batik Belanda, motifnya mengisahkan tentang cerita Snow White.

Museum Batik Kuno - Batik Belanda
Museum Batik Kuno Danar Hadi - Batik Belanda
Di bagian belakang museum suasananya cukup kontras. Ruang pameran yang anggun berubah menjadi pabrik dengan suasananya yang dinamis. Di pabrik yang tidak memiliki sekat tersebut terdapat ratusan orang yang tengah sibuk memproses pembuatan batik. Di ujung museum, terdapat ruang galeri. Disini pengunjung dapat membeli koleksi batik Danar Hadi untuk diberikan kepada orang-orang terdekat anda. Museum ini beroperasi setiap harinya mulai pukul 09.00 hingga 16.30. Harga tiket untuk pelajar sebesar Rp 15.000, sedangkan untuk pengunjung dewasa baik domestik maupun mancanegara sebesar Rp 25.000. Museum ini juga terletak satu kompleks dengan bangunan kuno yang merupakan cagar budaya di Solo. Di sebelah museum juga terdapat sebuah kafe yang menawarkan sajian kuliner yang beragam, namanya CafĂ© Soga.

Museum Batik Kuno Danar Hadi - Pabrik Batik Danar Hadi
Tidak usah ragu untuk berkunjung ke museum ini, karena di dalamnya terdapat banyak mahakarya-mahakarya asli Indonesia yang akan membuat anda takjub saat melihatnya. Dan diharapkan bagi pengunjung yang datang agar semakin mencintai batik dan ikut menjaga kelestariannya.

Setelah anda dibuat takjub oleh batik-batik kuno mahakarya asli Indonesia di museum Danar Hadi, anda bisa melepas lelah dengan mencari hotel di Solo, seperti hotel Sunan Solo. Hotel dengan 204 kamar ini memiliki fasilitas penunjang seperti, Kolam Renang Outdoor, Lounge Anggur dan layanan Spa lengkap. Perjalanan menuju hotel ini hanya 6 menit jika ditempuh dari stasiun kereta Balapan dan 15 menit jika ditempuh dari Bandara Adi Sumarmo. Selamat menikmati kota Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar