Restoran McDonald Sejarah dan Asal Usul

Selasa, 24 Desember 2013

McDonald Kuliner
McDonald Kuliner
Pada tahun 1940, dua bersaudara bernama Richard dan Maurice McDonald memiliki gagasan untuk membuka sebuah restoran. Berkat keberanian dan kekompakan mereka, lahirlah restoran yang dinamakan dengan McDonald 's Famous BBQ. Dengan bermodalkan 40 varian makanan yang disajikan, restoran ini menjadi salah satu restoran terfavorit di California, Amerika. Dimana lokasi tersebut adalah tempat berdirinya Restoran McDonald's untuk pertama kalinya.

McDonald Kuliner
McDonald Kuliner
McDonald Kuliner
McDonald Kuliner
Pada tahun 1945, restoran McDonald 's mengalami angka kemerosotan. Ditahun yang sama pula lah seorang pengusaha bernama Ray Kroc bergabung bersama McDonald 's. Ray Kroc memiliki banyak ide yang berani dan brilian untuk mendongkrak restoran McDonald 's dari kerugian. Salah satu idenya yang paling ekstrem adalah menghilangkan hampir seluruh varian menu BBQ yang selama ini disajikan, terkecuali Hamburger. Sebabnya, hasil riset Kroc memperlihatkan bahwa menu terfavorit di restoran ini adalah Hamburger. Saat itu menu Hamburger yang mereka miliki memang memiliki traffic penjualan yang relatif baik dan tinggi.

McDonald Kuliner
McDonald Kuliner
Berangkat dari menu Hamburger yang ingin dijual, Kroc mulai mengganti konsep restoran McDonald 's menjadi fast food restaurant. Keberhasilannya menerapkan konsep ini, memunculkan ide brilian Kroc yang lainnya. Tahun 1955, Kroc membuat gebrakan lainnya dengan menjual franchise dari Restoran McDonald 's mulai dari seluruh Amerika hingga seluruh penjuru dunia.

Kesuksesannya mengelola sistem waralaba ini membuat Kroc akhirnya berpikir. Harus ada jaminan bahwa semua restoran McDonald 's yang tersebar di seluruh penjuru dunia memiliki standarisasi yang terkiblat. Sehingga sistem dan branding dari restoran pun bisa dikelola dengan lebih terstruktur. Menetaslah ide untuk mendirikan Hamburger University pada tahun 1961.

Kelihaian dan kerja keras Kroc dan McDonald bersaudara, membuat restoran McDonald 's kini menjapai jumlah 14.000 yang tersebar di 60 negara berbeda di dunia. Angka pelayanan restoran ini mencapai 22juta orang / harinya atau 14ribu konsumen / menitnya. Tak heran McDonald 's dicap sebagai industri kuliner tersukses di dunia. Seiring berjalannya waktu, restoran McDonald 's terus melakukan inovasi-inovasi bisnis lainnya yang selalu menarik hati konsumennya.

McDonald Kuliner
McDonald Kuliner

3 komentar

  1. waw, luarbiasa.. McD adalah industri kuliner terbesar, tapi yg punya inovasi malah bukan pencipta makanannya yahhhh.. saluut deh ama orang-orang yang punya jiwa wirausaha yang tinggi xD

    BalasHapus
  2. McD di indonesia adalah franchise dari US, atau dari negara mana?

    BalasHapus