Fakta Tentang Mainan Mobil Matchbox yang Melegenda

Minggu, 05 Januari 2014

Matchbox - Koleksi Mainan Mobil
Matchbox - Koleksi Mainan Mobil
Mainan mobil-mobilan tentunya sangat melekat di masa kecil kita. Tentunya tidak terdengar asing bagi kita bila mendengar brand Matchbox. Sebuah brand mainan mobil-mobilan yang terkenal dibawah lisensi Inggris (UK).

Matchbox diproduksi dan dipasarkan pertama kalinya pada tahun 1953 oleh Lesney Products. Sebelum brand tersebut dibeli dan diproduksi oleh Mattel, Inc. Hal yang menarik dari Matchbox adalah presisi dan detail dari replika mainan mobil yang dibuat. Kini Matchbox telah menjadi legenda dan telah eksis di dunia mainan mobil die-cast (bermaterial besi) selama 60 tahun. Lalu hal apa sajakah yang telah terjadi pada Matchbox selama ini? Marilah kita tengok fakta-faktanya.

Matchbox - Koleksi Mainan Mobil
Matchbox - Koleksi Mainan Mobil

  1. Awal mula ide terciptanya mainan mobil-mobilan ini muncul dari Jack Odell. Odell pada saat itu hanya ingin memberikan suatu mainan yang bisa dibawa-bawa saat bersekolah kepada putrinya. Peraturan sekolah yang begitu ketat tidak akan memungkinkan hal itu tejadi. Namun bila melihat ukuran mainan Matchbox sekecil ukuran yang bisa kita lihat pada mainan tersebut, hal itu menjadi mungkin untuk diberikan putrinya. Dari situlah timbul pemikiran untuk menciptakan die-cast car toy yang berukuran kecil (miniatur).
  2. Mainan ini sempat menjadi hadiah populer pada saat Natal. Mengingat ukurannya yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam kaos kaki Natal.
  3. Semenjak tahun 1953 total produksi mainan mobil Matchbox, hingga kini telah mencapai angka lebih dari 3 milyar unit dari berbagai model yang ada. Jikalau Matchbox merupakan sebuah kendaraan (mobil) sungguhan, maka Matchbox akan menyumbang angka yang tinggi pada kemacetan lalu-lintas di berbagai negara.
  4. Mainan mobil Matchbox termahal yang pernah dirilis adalah mainan yang khusus dibuat untuk merayakan ulang tahun Matchbox yang ke 50. Replika mobil yang dibuat adalah Truk Seagrave Meanstick. Terbuat dari emas 18 karat dan material pendukung berupa 24 ruby, 4 golden sapphire, dan 6 batu berlian. Mainan ini terjual seharga 17.500 Poundsterling atau sekitar 349juta Rupiah.
    Matchbox - Model Termahal Seri 50th Anniversary
    Matchbox - Model Termahal Seri 50th Anniversary
  5. Model terkecil dari mainan mobil Matchbox dibuat dengan skala 1:64, dimana memiliki ukuran panjang sekitar 5-7cm. Sedangkan untuk model dengan ukuran terbesarnya yang biasa disebut Super King, berskala 1:43 dengan panjang sekitar 10cm.    
  6. Mainan mobil Matchbox dipasarkan di lebih dari 130 negara dan telah diproduksi oleh 8 negara. 8 negara tersebut adalah UK, Hongkong, Macau, Hungaria, Brazil, Bulgaria, Thailand dan China. Ketika kita melihat bagian bawah mainan mobil-mobilan dari Matchbox, secara tidak langsung kita belajar mengenali nama negara dan bahasa Inggris (Made in UK, Made in China, dsb).
  7. Power Track untuk mobil Matchbox pertama kalinya dirilis pada tahun 1980.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar