Gardens by The Bay, Wisata yang Kaya Akan Terobosan Baru

Minggu, 19 Januari 2014

Gardens by The Bay Singapore - Supertree Groove
Gardens by The Bay Singapore - Supertree Groove
Meski negara tetangga yang satu ini memiliki wilayah yang kecil, tapi Singapura boleh dibilang cukup sukses dalam membangun pariwisatanya. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi saat datang kesini.

Negara ini bahkan rela menimbun laut di sekelilingnya agar dapat menyisakan kurang lebih 100 hektar tanahnya untuk sebuah proyek yang luar biasa. Demi menunjang penghijauan negaranya, dibuatlah sebuah ruang terbuka hijau yang menjadi ikon baru Singapura. Kini, ruang terbuka hijau tersebut juga menjadi salah satu atraksi wisata yang spektakuler. Bernama Gardens by The Bay, lokasinya berada di daerah Marina Bay. Terdiri dari 3 area yaitu Bay South, Bay East dan Bay Central dengan koleksi tanaman langka mencapai sekitar 250 ribuan.

Sebagian dari koleksi tanaman langka ini, ditempatkan dalam sebuah rumah kaca raksasa dengan arsitektur rumit berbentuk kerang yang memukau. Wajar jika pengunjung dikenai biaya yang cukup mahal untuk bisa masuk ke dalamnya. Tapi ada beberapa bagian di Gardens Bay the Bay yang bisa dikunjungi dengan hanya merogoh kocek sebesar 5 Dollar Singapura atau kurang lebih sekitar Rp 40.000. Bahkan ada juga tempat-tampat yang bisa dikunjungi secara cuma-cuma alias gratis.

Saat baru sampai di tempat ini, Anda akan terpukau dengan pemandangan yang luar biasa, salah satunya pepohonan baja raksasa di area Supertree Groove yang tingginya hampir sama dengan gedung berlantai 16. Pepohonan ini letaknya di Bay South dan sering disebut sebagai pohon solar karena dirancang untuk bisa mengumpulkan air hujan dan energi solar matahari yang selanjutnya akan digunakan untuk konservasi lingkungan.

Jika tujuan Anda ke tempat ini hanya sekedar untuk berfoto-foto tidak akan dipungut biaya. Namun jika Anda ingin menaiki jembatan dan berjalan di antara Supertree tersebut, maka anda akan dikenakan biaya. Untuk orang dewasa akan dikenakan biaya 5 dolar Singapura, sedangkan anak-anak umur 3-12 tahun dikenakan biaya 3 dolar Singapura. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 128 meter ini diberi nama OCBC Skyway. Sebuah pengalaman yang seru untuk naik ke jembatan dan berjalan sambil menikmati keindahan taman, Marina Bay dan sebagian kota di Singpura. OCBC Skyway mulai bisa dinaiki pengunjung pada jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Saat malam hari tentunya pemandangan yang disajikan akan semakin indah dengan tebaran lampu warna-warni yang mengelilingi Supertree Groove.


Gardens by The Bay Singapore - OCBC Skyway
Gardens by The Bay Singapore - OCBC Skyway
Di area Bay East anda akan menjumpai hamparan taman bunga, hutan tropis dan area untuk piknik dengan pemandangan teluk Marina. Tentunya anda juga bisa memanfaatkan area ini sekedar untuk jalan-jalan atau berolahraga. 

Atraksi di tempat wisata ini memang beragam. Selain mengelilingi Supertree Groove, ada lagi tempat menarik lainnya seperti Heritage Gardens. Taman ini merupakan kawasan yang terdiri dari 4 buah taman yang berisikan berbagai macam jenis tanaman yang masih memiliki hubungan dengan perjalanan sejarah dan budaya 3 kelompok etnis ternama di Singapura dan era kolonial, antara lain ada The Malay Garden dan The Colonial Garden.

Selain Heritage Gardens ada juga Dragonfly & Kingfisher Lakes yaitu danau yang berada di bagian depan Gardens by The Bay. Di kolam ini terdapat instalasi seni, seperti patung capung (dragonfly). Kolam ini juga mempunyai fungsi sebagai filter alami untuk membersihkan air dari waduk Marina. Di sepanjang sisi danau terdapat area pejalan kaki yang terbuat dari papan kayu sepanjang 440 meter, dimana anda dapat menyusurinya sambil menikmati keindahan danau dan memanfaatkannya untuk berfoto-foto.


Gardens by The Bay Singapore - Dragonfly & Kingfisher Lakes
Gardens by The Bay Singapore - Dragonfly & Kingfisher Lakes
Dua area lagi yang ada di Gardens by The Bay yaitu Flower Dome dan Cloud Forest. Anda harus membeli tiket untuk bisa masuk ke kawasan ini seharga 28 dolar Singapura untuk orang dewasa dan 15 dolar untuk anak-anak, tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke area Cloud Forest. Flower Dome sendiri merupakan konservatori tanaman-tanaman dari daerah mediterania atau negara-negara yang memiliki curah hujan rendah.

Di Cloud Forest anda bisa menemui koleksi-koleksi tanaman yang berbeda lagi. Tanaman-tanaman tersebut berasal dari daerah dataran tinggi. Cloud Forest juga dilengkapi dengan air tejrun setinggi 35 meter, sungguh pemandangan yang mengagumkan!

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Gardens by The Bay di Singapura, Anda tidak perlu repot-repot mencari penginapan. Anda bisa menginap di salah satu hotel di Singapura. Jika Anda melakukan pemesanan sekarang, anda akan mendapatkan diskon mulai dari 8%. Info lebih lengkapnya bisa anda klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar