Jejak Sejarah di Tiga Museum di Bandung

Senin, 03 Februari 2014

Bandung merupakan salah satu kota yang berkribusi dalam catatan perjalanan kemerdekaan Indonesia. Ada beberapa tragedi atau peristiwa yang terjadi di kota yang sejuk ini. Sebut saja Konferensi Asia Afrika dan Bandung Lautan Api. Dua peristiwa tersebut menjadi saksi akan pentingnya kota Bandung dalam perkembangan perjalanan bangsa Indonesia ini. Rekaman tentang kejadian–kejadian penting dalam perkembangan Indonesia dan kota Bandung, khususnya, tidak diabadikan melalui teks-teks saja tetapi juga peninggalan-peninggalan yang masih ada yang tersimpan di museum-museum di Bandung. Dibawah ini ada beberapa museum yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bandung.

Museum Asia Afrika

Museum Asia Afrika
Museum Asia Afrika
 Museum Asia Afrika terletak tepat di Gedung yang dijadikan lokasi Konferensi Asia Afrika di Bandung. Didalam museum, Anda akan melihat saksi-saksi bisu pelaksanaan Konferensi Asia Afrika yang diadakan 1955 ini. Saat memasuki museum ini, Anda akan disajikan tontonan video sejarah singkat diadakannya Konferensi Asia Afrika dan saat konferensi Asia Afrika berlangsung pada tahun 1955. Setelah itu Anda akan dibawa masuk kedalam setiap ruangan yang dijadikan tempat konferensi saat itu. Saat Anda berjalan menelusuri museum, Anda akan terdecak kagum menyaksikan kokohnya bagunan tua ini. 

Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi
Museum Wangsit Mandala Siliwangi
 Museum ini adalah museum senjata di Jl. Lembong, Bandung. Kata Wangit Mandala berarti tempat untuk menyimpan petuah atau amanat dari perusahaan di masa lalu ke generasi selanjutnya. Sementara itu, Siliwangi merupakan pendiri Kerajaan Padjadjaran yang menguasai banyak wilayah. Disini Anda bisa melikat koleksi alat atau senjata yang digunakan saat masa penjajahan Jepang, saat peristiwa Bandung Lautan Api tahin 1946 dan peristiwa peracunan tahun 1949 diantaranya adalah bedug simarame, senjata laras panjang pistol, tombak, panah,kendaraan lapis baja, keris kujang, meriam, bom molotov, dan panser rel.

Museum Geologi

Museum Geologi
Satu museum lagi yang wajib Anda kunjungi adalah Museun Geologi Bandung yang letaknya tidak jauh dari Gedung Sate. Museum ini terdiri dari dua lantai dan beberapa ruangan. Pada lantai satu ruangan dibagi menjadi tiga ruang utama yaitu ruang orientasi, ruang sayap timur dan sayap barat. Pada ruang sayap Anda bisa melihat peta geografi Indonesia yang berbentuk relief yang menayangkan sejarah geologi, sementara itu di sayap barat terdiri dari bilik-bilik hipotesi terjadinya bumi di dalam tata surya, tatanan teknonik Indonesia secara umum, serta fosil-fosil. Sementara itu di lantai dua, ada bisa menyaksikan informasi manfaat mineral dan batu bagi manusia, menyaksikan rekaan kegitan eksploitasi mineral, informasi sumber daya air dan cara memanfaatkannya, serta jenis bahaya geologi dan sebagainya.

Itulah ketiga Museum yang wajib dikunjungi di kota yang memiliki julukan kota Paris-nya Jawa ini. Setelah puas berkeliling mengunjungi beberapa museum Anda bisa bermalam di hotel sekitar wilayah museum karena ada beberapa hotel di Bandung murah yang lokasinya tidak jauh jadi museum.

1 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus