Mie Instan Sejarah dan Asal Usul

Jumat, 27 Desember 2013

Mie Instan Kuliner
Mie Instan Kuliner
Walau dikerubungi berbagai fakta yang kurang sedap mengenai mie instan khususnya mengenai kesehatan, mie instan selalu terasa sedap di lidah kita. Selain rasanya yang kaya dan gurih, mie instan banyak diminati karena pengolahannya yang praktis. Sesuai dengan namanya 'instan', pengolahannya tidak memakan waktu yang lama. Hanya membutuhkan waktu selama 3-5 menit saja. Namun demikian, pernahkah terpikir oleh kita bahwa mie instan yang kita konsumsi ini memiliki sejarah dan asal usulnya sendiri.

Ide inovasi mie instan sendiri muncul dari kepala seorang imigran asal Taipei yang tinggal di Jepang, Mamofoku Ando. Ando mengamati bahwa kultur yang sudah menjadi ciri khas orang Jepang adalah kedisiplinan yang tinggi. Terutama tepat waktu dalam hal apapun. Dari situlah Ando berpikir. Untuk mempermudah aktifitas orang Jepang yang sangat disiplin tersebut, mereka membutuhkan suatu makanan yang praktis untuk disajikan. Alias makanan yang bersifat instan.

Mie Instan Kuliner
Mie Instan Kuliner
Idenya ini dituangkan dalam bisnis industri makanan. Iapun mendirikan sebuah perusahaan yang ia namakan dengan 'Nissin'. Kebetulan bisnis pakaian yang sudah ia geluti semenjak ia kuliah di Kyoto sedang mengalami kemerosotan. Sehingga, Ando pun secara naluri langsung membanting stir mencari peluang. Agar tidak terperosok ke kondisi yang semakin buruk. Akhirnya pada tahun 1958, Ando memproduksi mie instan rasa ayam. Mie instan perdana dari perusahaan Nissin -nya tersebut dan juga mie instan pertama di dunia.

Produk ini pun begitu diminati masyarakat karena penyajiannya yang sangat praktis. Cukup membutuhkan air mendidih untuk siap dikonsumsi. Hanya saja, Ando tetap merasakan ada satu hal yang masih mengganjal di benaknya. Walaupun mie instan sangat praktis dan cepat dalam penyajiannya, tetap saja kita tidak bisa menyajikannya begitu saja. Kita tetap membutuhkan sebuah mangkuk. Setidaknya yang bisa menampung mie instan yang sudah siap disajikan tersebut. Pada tahun 1971, tercetuslah sebuah gagasan baru lagi dari Ando untuk menyingkapi peluang ini. Nissin mengeluarkan produk pertama mie instan yang dikemas dalam gelas plastik tahan panas. Agar kita lebih mudah menyajikan dan mengkonsumsinya dimanapun kita berada. Produk itu dinamakannya Cup Noodles.

Mie Instan Kuliner
Mie Instan Kuliner
Melihat bahwa mie instan begitu diminati masyarakat karena kemudahannya, Indonesia sendiri mencoba untuk memproduksi mie instan dalam negeri sendiri. Pada tahun 1970, PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd yang sekarang lebih dikenal dengan nama PT Indofood, memproduksi produk mie instan pertama di Indonesia. Produk mie instan tersebut dinamakan dengan nama yang melegenda di telinga kita sampai detik ini, yaitu Indomie. Hanya saja Indomie ketika itu tidak memiliki varian sebanyak sekarang. Indomie hanya memiliki dua rasa, yaitu ayam dan udang.

Mie Instan Kuliner
Mie Instan Kuliner
Hingga saat ini, masyarakat tidak bisa terlepas dari mie instan. Apalagi semakin banyak produk-produk mie instan dari perusahaan yang berbeda bermunculan dengan branding dan rasa yang beragam. "Murah, Praktis, Enak". Itulah cap atau slogan yang selalu menggema untuk mie instan. Bukan hanya di Indonesia, tapi di dunia.

1 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus