Berburu Barang Antik di Pasar Windujenar

Senin, 27 Januari 2014

Khusus Anda penggemar barang-barang antik Anda pasti mencintai tempat ini. Pasar triwindu adalah pasar barang-barang antik tempatnya di Jalan Diponegoro, Solo. Berbeda dengan jalan Surabaya yang ada di Jakarta, Anda bahkan bisa mendapatkan pusaka dari Kraton Surakarta. Solo memang dikenal sebagai kota dengan budaya yang kaya. Solo ternyata memang memiliki banyak barang-barang pusaka yang antik. Pasar Triwindu yang sekarang bernama Pasar Windujenar sudah cukup terkenal.

Pasar Windujenar
Pasar Windujenar
 Ketika memasuki pasar ini, persis di depan pintu masuk pasar, Anda akan disambut oleh patung laki-laki dan perempuan Jawa sedang bersila diatas panggung batu. Kemudian saat mulai menyusuri lorong dengan barang dagangan yang antic di kanan kiri, membuat kita merasa berada di jaman kuno. Tempat ini merupakan surga bagi para kolektor barang antik. Barang yang dijual disana antara lain adalah koleksi kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, sepeda tua dari tahun 1930an, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua hingga benda yang disebut fosil dari Saringan bisa Anda temukan disini. Selain itu, ada juga lampu minyak, lukisan-lukisan tua, patung-patung Budha bahkan setrika arang.

Pasar ini dijadikan tempat favorit para kolektor dan juga pecinta otomotif karena Anda bisa menemukan onderdil langka yang tidak di produksi lagi di pasar Windujenar ini. Tetapi berhati-hatilah karena sebenarnya tidak semua barang disini berusia ratusan tahun, kadang ada penjual nakal yang membuat barang itu seminggu yang lalu tetapi sudah di klaim bahwa barang itu adalah barang antik. Walaupun tak jarang juga terdapat benda-benda peninggalan kraton. Kontroversial memang, banyak yang mengatakan bahwa benda-benda pusaka kraton itu kemungkinan dihadiahkan kepada abdi dalem kemudian dijual atau juga didapatkan dari orang yang membeli dari kerabat keraton.

Tertarik berbelanja disini? Anda perlu ketelitian yang tinggi dan berani tawar-menawar bahkan jangan ragu untuk menawar setengah harga. Uniknya, sampai sekarang Pasar Windujenar masih melayani sistem barter. Anda bisa menukar barang antik Anda dengan barang lain sesuai dengan kesepakatan. Selamat berburu barang-barang antik.

Setelah berburu barang antik, Anda bisa mencari penginapan yang berkelas dan nyaman. Penginapan yang nyaman bisa Anda rasakan di Sunan Hotel Solo, terletak di gerbang barat Surakarta. Letaknya strategis karena hanya 15 menit dari Bandara Udara Internasional Adi Sumarno dan lima menit dari Stasiun Balapan Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar