Keindahan Alam Air Terjun di Solo

Senin, 27 Januari 2014

Kota Solo atau Surakarta terkenal memiliki budaya Jawa yang kental dan juga Kraton Solonya. Selain itu, ada hal lain yang bisa dikunjungi di Solo. Air terjun yang ada di Kota Solo juga memiliki keindahan yang luar biasa. Air yang tak henti mengalir dan sejuknya udara di sekitar menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan Berikt adalah air terjun yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Solo:


1.    Air Terjun Parang Ijo
Air Terjun Parang Ijo
Air Terjun Parang Ijo
Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 50 m.  Air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho. Lebis spesifiknya air terjun ini terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Akses untuk menuju kesana sekitar 2 km dari pertigaan Nglorok, bisa ditempuh dengan menggunakan motor ataupun mobil karena aksesnya masih cukup bagus. Dari pertigaan Nglorok ambil belokan ke kiri, ke arah Candi Cetho.  Selanjutnya ikutin jalan hingga tiba di lokasi air terjun berada.   Jalan menuju air terjun ini cukup sempit, sangat susah bila ada dua kendaraan berpapasan, berliku dan naik turun. Bagi pengguna kendaraan umum dari kota Solo naik bis jurusan Tawangmangu atau Matesih dan turun di terminal Karang pandan.  Lalu di terminal ini berganti dengan bis kecil berwarna biru dengan trayek Karang Pandan - Ngargoyoso - Kerjo, turun di pertigaan Nglorok.  Perjalanan selanjutnya menempuh jalan beraspal sejauh sekitar 1,9 km hingga tiba di pos pemungutan restribusi,  Perjalanan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek dengan tarif resmi dan terjangkau.   Tidak jauh dari pos retibusi tersebut terdapat sebuah pertigaan yang kalau lurus menuju ke Air Terjun Jumog dan Candi Sukuh, sedangkan kalau belok kiri ke Candi Cetho dan Air Terjun Parang Ijo. Ambil belokan kiri dan terus ikuti hingga tiba di lokasi air terjun berada.

2.    Air Terjun Segoro Gunung
Air Terjun Segoro Gunung
Air Terjun Segoro Gunung
Air terjun ini berasal dari mata air langsung, mata air pegunungan yang begitu segar. Keindahan air terjun Segoro Gunung tidak kalah dengan keindahan di tempat lain, dengan ketinggian 20 meter. Susunan batu disekitar air terjun menambah keindahan air terjun ini. Selain itu, nantinya akan dibangun jalan setapak untuk pengunjung sehingga dapat dengan mudah mengunjungi air terjun ini. Nama Segoro Gunung sendiri berasal dari nama sebuah desa di Kecamatan Ngaryoso, Kab. Karanganyar. Untuk menuju desa tersebut, kita harus masuk melewati jalan kecil yang menanjak dan berbelok-belok.

3.    Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Air terjun jumog ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 30 meter, namun keindahan dan kesejukkannya tetap diminati pengunjung. Menurut warga, setiap pukul 10 pagi muncul pelangi di air terjun ini. Keindahan yang tak terbayarkan, air terjun ini dikenal juga dengan nama The Lost Paradise atau surga yang hilang. Letaknya, di lereng Gunung Lawu, Desa Barjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berjarak sekitar 40 km kea rah timur Solo.

Puas bermain di air terjun saatnya mencari kenyamanan penginapan. Sunan Hotel Solo menyediakan tempat mengidap yang mewah dan pelayanan yang ramah. Terletak hanya empat kilometer dari pusat kota, hotel di Solo ini menawarkan akomodasi nyaman dengan harga terjangkau dengan lingkungan yang ramah keluarga. Bagi para wisatawan yang mecari tempat peristirahatan di kota – kota utama di Jawa, The Sunan Hotel Solo akan memberikan pengalaman bermalam yang sederhana dan tenang, di lokasi yang sedikit di luar dari pusat kota. Hotel yang populer di kalangan pebisnis dan wisatawan domestik ini menyediakan layanan penjemputan gratis ke airport. Para tamu juga dapat menggunakan layanan taksi yang cepat dan tidak mahal untuk menuju ke pusat kota. Bagi mereka yang menginginkan tan atau berjemur, hotel ini memiliki kolam renang luas yang dikelilingi kursi malas dan pohon palem dalam suasana keluarga yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar