Keunikan Gunung Nglanggeran

Senin, 27 Januari 2014

Di Yogyakarta ada banyak sekali pilihan tempat wisata, kota yang sangat menarik ini menyajikan banyak tempat dengan pemandangan yang luar biasa yang sangat wajib dikunjungi. Jika Anda pecinta alam, pasti mencintai gunung dan telah mendaki berbagai gunung. Gunung Nglanggeran adalah salah satu rekomendasi yang unik karena datarannya yang tidak seperti  gunung biasa. Gunung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata yang ada di Jogjakarta, letaknya di Desa Ngganggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Kota pendidikan ini memiliki berbagai tempat indah dan digemari wisatawan. Matahari terbit memang selalu indah bila disaksikan ditempat-tempat tertentu. Salah satu tempat yang menarik adalah di Gunung Nglanggeran ini, hanya dengan memakan waktu 1 hingga 1,5 jam pendakian, Anda akan tiba di puncak Gunung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Akan akan langsung disambut oleh pemandangan yang indah. Anda bisa melihat hamparan awan di ketinggian, jajaran gunung batu dengan bentuk yang unik, perkampungan warga, serta hijaunya sawah yang membentang. Ketika senja menjelang, kota Jogja akan terlihat laksana lautan kunang-kunang yang sangat indah. taburan cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang terlihat dari kejauhan menjadi pemandangan romantis bagi siapa saja yang berkemah di gunung ini.

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Gunung Nglanggeran telah aktif puluhan juta tahun lalu. Letaknya di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Jadi keunikan dari Gunung Nglanggeran ini adalah karena ini merupakan deretan dari gunung batu raksasa dengan pemandangan yang luar biasa dan bentuk yang unik, nama yang unik, dan juga berbagai cerita rakyat. Gunung-gunung tersebut dunamakan berdasarkan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Puncak timur Nglanggeran merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise. Mitos yang ada, menurut Mbah Redjodimulyo selaku sesepuh yang tinggal di Puncak Nglanggeran, Susun Tlogo Mardidho yang ada di Puncak hanya boleh dihuni oleh 7 kepala kelurga tidak boleh lebih atau kurang. Jika ada keluarga yang baru menikah hendaknya pindah dari kampung tersebut atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika ingin mencapai puncak, Anda harus berjalan kaki. Menyusuri jalan setapak dengan bukit bati di sisi kanan dan kiri jalan memang harus ekstra berhati-hati. Semakin menanjak, jalanannya semakin terjal. Beberapa tali dipasang untuk mempermudah perjalanan pendaki, kemudian tantangan lainnya adalah celah sempit dan juga curam dengan bukit batu di kanan dan kirinya. Lorong yang sempit dan gelap hanya bisa dilewati satu orang.

Setelah berkemah di Gunung Ngalnggeran, Anda bisa memanjakan diri dengan menginap di Hotel Jogja. Salah satu pilihan yang tepat adalah Amaris Hotel Jogjakarta, yang terletak di Jalan Diponegoro No. 87 Tugu Jogja, Yogyakarta. Bertempat di lokasi utama Yogyakarta, Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta menempatkan segala sesuatu yang kota tawarkan hanya di luar pintu depan Anda. Menawarkan berbagai fasilitas dan layanan, hotel menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk bermalam dengan nyaman. Coffee shop, ruang merokok , wi-fi di tempat-tempat umum, ruang keluarga, lift adalah beberapa dari banyak fasilitas yang ditawarkan. Kamar tamu yang ditunjuk memiliki fitur internet (wireless), air botol gratis, kotak penyimpanan dalam-kamar, shower, internet wireless (gratis). Hotel ini menawarkan berbagai peluang rekreasi. Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta adalah pilihan yang sangat baik untuk menjelajahi Yogyakarta atau untuk sekadar bersantai dan menyegarkan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar