Sensasi Menginap di Hotel-Hotel Tua Jogjakarta

Senin, 20 Januari 2014

Menginap di sebuah tempat yang unik tentu akan menyuguhkan sensasi khas pada diri kita. Oleh karena itu, mencari akomodasi saat ini bukanlah sembarang hanya berdasarkan harga yang terjangkau. Selain karena fasilitas yang memadai, memilih hotel sebagai tempat beristirahat ada kalanya juga karena faktor tertentu, misalnya sejarah. Banyak tamu yang sengaja memilih hotel-hotel bersejarah karena ingin merasakan tinggal di bangunan yang telah menjadi saksi sejarah bagi peristiwa-peristiwa di sekelilingnya. Di Jogjakarta sendiri, ada beberapa hotel di Jogjakarta yang termasuk ke dalam kategori hotel tertuanya kota Jogja. Apa saja hotel-hotel tersebut? Berikut adalah paparannya.
Hotel Phoenix Yogyakarta

Hotel di Jogjakarta - Hotel Phoenix Yogyakarta
Hotel di Jogjakarta - Hotel Phoenix Yogyakarta
Salah satu hotel di Jogjakarta yang sudah berdiri sejak zaman Belanda ini merupakan hotel berbintang empat yang lokasinya sangat dekat dengan simbol kota ini, yaitu Tugu Jogjakarta. Oleh karena itu, hotel ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena tak jauh dari Stasiun Tugu dan sangat dekat menuju pusat keramaian di Kota Jogja.

Hotel yang dikelola dalam Accor Group sejak tahun 2003 ini memang telah mengalami perbaikan atau renovasi di tahun 2004. Juga sempat berkali-kali berubah nama mulai dari Hotel Phoenix Heritage menjadi Grand Mercure dan akhirnya kembali lagi menjadi The Phoenix Yogyakarta sampai sekarang. Walaupun telah menjalani proses perbaikan, namun desain asli dari hotel ini tetap dipertahankan.

Bangunan bergaya arsitektur Belanda ini tetap menggunakan unsur-unsur tempo dulunya. Hal tersebut terlihat dari berbagai barang antic yang digunakan sebagai pajangan beseerta dengan berbagai lukisan kuno yang dikaitkan di beberapa sudut hotel. Memiliki 144 kamar, Hotel Phoenix Yogyakarta akan tetap memberikan fasilitas modern bagi kamu yang ingin menginap di hotel ini.

Segala kebutuhan yang kamu perlukan di era modern ini akan kamu temui dengan mudah di sini. Hotel ini juga banyak diminati oleh para turis-turis asing. Oleh karena itu, tak heran jika kamu akan sering berpapasan dengan warga negara lain di hotel ini.

Hotel Inna Garuda


Hotel di Jogjakarta - Hotel Inna Garuda Yogyakarta
Hotel di Jogjakarta - Hotel Inna Garuda Yogyakarta
Masih berstatus sebagai hotel berbintang empat, Hotel Inna Garuda termasuk ke dalam daftar hotel tertua di Jogjakarta. Pasalnya, hotel ini telah dibangun sejak tahu 1908. Letaknya yang berada di Jalan Malioboro membuat hotel ini juga sangat diminati oleh para wisatawan karena banyak member kemudahan dalam mengakses tempat-tempat utama di Jogjakarta.

Berdirinya hotel ini sejak zaman pemerintahan Belanda dulu memang sudah difungsikan sebagai hotel. Pada awalnya, Belanda mendirikan penginapan ini dengan bentuk cottage sebanyak 20 buah kamar. Berganti kepada pemerintahan Jepang, hotel ini berganti nama menjadi Hotel Asahi namun masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Kemudian pada masa kemerdekaan, hotel ini berubah nama kembali menjadi Hotel Merdeka hingga pada akhirnya nama Hotel Inna Garuda dipakai sejak 1987 hingga saat ini.

Hotel Ambarrukmo Jogjakarta

Hotel di Jogjakarta - Hotel Ambarrukmo Jogjakarta
Hotel di Jogjakarta - Hotel Ambarrukmo Jogjakarta
Kali ini, hotel tertua lainnya di Jogjakarta telah berhasil menempati hotel kelas bintang lima. Di kota ini, pada akhirnya menjadikan status hotel ini sebagai hotel dengan standar internasional pertama yang ada di Indonesia.

Dibangun pada era kemerdekaan saat pemerintahan Presiden Soekarno, hotel ini dibuka secara resmi pada tahun 1966. Hotel Ambarrukmo telah didirikan dengan peran Sultan Hamengkubuwono V yang juga membangun Pesanggrahan Ambarrukmo yang kemudian dilakukan renovasi tahun 1895-1897 oleh Sultan Hamengkubuwono VII.

Sempat terlantar tak terawat selama beberapa tahun, hotel ini pada akhirnya kembali  beroperasi dengan nama barunya yaitu Ambarrukmo Palace Hotel Yogyakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar