Sleman, Kabupaten ‘Komplit’ di Yogya

Senin, 27 Januari 2014

Jika anda berencana untuk mengunjungi Yogyakarta, alangkah baiknya untuk mampir ke daerah Sleman. Sleman merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri yaitu buah salak pondoh. Sleman memiliki wilayah dengan tanah yang subur dan didukung oleh iklim tropis basah. Di bagian utara kabupaten ini merupakan pegunungan dengan puncaknya yaitu Gunung Merapi. Sedangkan di bagian selatan berupa dataran rendah yang subur sehingga tidak mengherankan jika setengah dari luas wilayahnya merupakan lahan pertanian yang subur. Hal inilah yang membuat Sleman menjadi kabupaten terkaya di Yogyakarta.

Sleman, Yogyakarta
Sleman, Yogyakarta
Dunia pariwisata Sleman sempat terkena imbas dari erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Akan tetapi masih ada beberapa tempat wisata di Sleman yang sebetulnya aman untuk dikunjungi. Bahkan kawasan Cangkringan yang saat itu terdampak langsung erupsi Merapi, kini berubah menjadi kawasan wisata lava tour Kaliadem yang menakjubkan di desa Kepuharjo. Dari sana anda dapat menyaksikan puncak Merapi yang menjulang tinggi dengan jarak pandang sekitar 2 km.

Kaliadem sendiri merupakan dataran tinggi di sebelah selatan gunung Merapi dan menjadi lokasi tepat untuk menyaksikan pesona gunung Merapi dihiasi dengan asap yang mengepul dari mulut kawah. Di kawasan ini juga berdiri sebuah museum bernama Museum Gunung Api Merapi (MGM). Museum ini didirikan sebagai sarana pendidikan dan penyebarluasan informasi mengenai peristiwa letusan gunung Merapi.

Di desa wisata Turgo, Kabupaten Sleman anda bisa menikmati keindahan suasana alam lereng Gunung Merapi. Selain udaranya yang sangat sejuk, anda juga bisa melihat aktivitas warga yang sedang memetik pucuk daun teh dan kopi  sampai pengolahannya hingga menjadi minuman. Di tempat ini anda juga bisa berkemah, melihat kesenian kuda lumping dan berziarah ke makam Syech Jumadil Kubro di puncak bukit Turgo.

Kemudian di desa wisata Kembang Arum anda akan disuguhkan panorama alam pedesaan yang indah. Di lokasi ini memang ideal untuk dijadikan lokasi Outbond maupun sekedar menikmati kesenian kesenian tradisional Jawa. Desa ini juga mempunyai sungai Tempor yang berfungsi sebagai wahana trekking.

Wisata Kembang Arum, Sleman

Wisata Kembang Arum, Sleman
Jangan lewatkan juga untuk berbelanja ke pasar tradisional Sleman. Cobalah mengunjungi pasar tradisional Pakem yang berdekatan dengan lokasi wisata Kaliurang. Di pasar ini tersedia beragam kebutuhan khusus dan tambahan seperti kerajinan tangan, alat pertanian, aneka tanaman hias dan satwa. Pasar ini juga menyediakan fasilitas pendukung seperti Mushola, toilet umum yang bersih, area parkir yang luas dan pos penjagaan polisi. Dan jika anda ingin membeli oleh-oleh makanan khas Sleman, Desa anda bisa datang ke pasar Godean. Jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh salak pondoh yang menjadi ciri khas kebanggaan kabupaten Sleman.

Kepopuleran Salak Pondoh tak lepas dari aroma dan rasanya yang tidak sepat, meski belum matang sekalipun. Salak Pondoh dapat tumbuh sampai ketinggian 7 m dengan umur mencapai puluhan tahun. Di desa-desa Sleman sendiri Salak Pondoh telah diolah menjadi beragam panganan. Salak pondoh yang dibuat menjadi panganan juga tidak kalah lezatnya, seperti megono, dodol salak, jenang salak, keripik salak dan lain-lain. Di daerah Turi, Sleman terdapat agrowisata salak pondoh, dimana anda dapat menemukan berbagai macam salak pondoh. Selain makanan yang diolah dari buah salak, masih ada panganan-panganan lezat lainnya, seperti jadah tempe, sate kelinci Kaliurang, brongkos serta masih banyak lagi yang lainnya.

Agrowisata Salak Pondoh, Sleman
Agrowisata Salak Pondoh, Sleman
Sebenarnya masih ada banyak hal yang menarik di Sleman. Jika ada kesempatan anda bisa datang ke kota ini bersama orang-orang terdekat anda. Untuk masalah penginapan anda tidak perlu khawatir. Ada hotel Sahid Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan anda untuk menginap. Selamat menikmati liburan anda di Sleman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar