Car Free Day, Saatnya Berolahraga di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta

Selasa, 04 Februari 2014

Saat akhir pekan tiba sudah bukan saatnya lagi bagi masyarakat Jakarta hanya mengunjungi tempat-tempat seperti Monas, Ragunan, Ancol atau Mall-Mall mewah. Cobalah bangun pagi-pagi sekali pada hari Minggu dan datanglah ke Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta dengan menggunakan sepeda atau angkutan umum untuk menikmati Car Free Day. Disini kamu bisa berakhir pekan dengan sehat.

Pada awalnya Car Free Day atau yang biasa disingkat dengan CFD hanya diadakan 2 kali dalam sebulan. Namun kini sudah diadakan tiap Minggunya. Setiap hari Minggu jalan ditutup mulai dari Bundaran Senayan sampai Monas tidak ada kendaraan yang diperbolehkan masuk, kecuali Transjakarta.


CFD mulai dari jam 06.00-11.00 Sepanjang waktu itu, banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang berolahraga seperti bersepeda, jogging, senam dan sebagainya. Banyak juga komunitas-komunitas yang berkumpul disini untuk memperkenalkan komunitas mereka kepada publik. 


Car Free Day
Car Free Day
Kamu yang berasal dari luar kota Jakarta dan ingin juga merasakan serunya CFD di Jakarta, tidak perlu repot-repot mencari penginapan. Kamu bisa menginap di hotel Alila Jakarta. Salah satu hotel Jakarta Pusat ini letaknya hanya 10 menit berjalan kaki dari Istana Merdeka. Hotel Alila menawarkan 2 restoran, kolam renang, dan kamar-kamar dengan pemandangan mengarah ke kota. Tersedia juga Wi-Fi gratis. Kamar-kamar luas di Alila Jakarta memiliki dekorasi modern dan jendela-jendela besar. Masing-masing kamar berperabotan lengkap menyediakan TV layar datar dengan saluran kabel dan kamar mandi pribadi dengan bathtub. Kamu bisa berolahraga di pusat kebugaran atau menikmati layanan pijat tradisional Indonesia di Spa Alila. Perjalanan wisata dapat direncanakan di meja layanan wisata, sedangkan cendera mata lokal tersedia di toko suvenir. Restoran Buzz menyajikan berbagai hidangan Asia dan Barat. Pilihan makan lainnya mencakup hidangan Shanghai di Shanghai Storm dan kudapan ringan di Space Lounge. Jika kamu melakukan pemesanan sekarang, kamu akan mendapatkan diskon mulai dari 8%. Dari hotel ini kamu juga tidak akan kesulitan jika ingin berpartisipasi dalam CFD di Jakarta, karena letak hotelnya dekat dengan Sudirman-Thamrin yaitu di Pecenongan, Gambir.
 

Yang menarik lainnya di CFD adalah banyak acara yang digelar setiap Minggunya. Hampir setiap Minggu acara yang diadakan selalu berbeda. Jadi selain sehat kamu juga akan mendapatkan hiburan disini.

Waktu yang tepat untuk berolahraga disini adalah saat jam 06.00 sampai jam 07.00, karena cuaca masih sejuk, matahari bersinar belum terlalu terik dan suasananya juga masih tenang. Berolahraga disini pun menjadi mengesankan karena jalan yang biasanya selalu macet bisa digunakan untuk berolahraga. Belum lagi gedung-gedung pencakar langit yang menghiasi sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, akan menambah keseruan saat sedang berolahraga. Namun harus diingat, jangan berolahraga di jalur Busway karena Transjakarta tetap beroperasi saat CFD berlangsung.


Setelah lelah berolahraga kamu juga bisa mencicipi jajanan yang dijual di pinggir jalan, yang paling banyak ada di sekitar Bundaran HI. Mulai dari yang ringan seperti roti sampai sate padang, tapi jangan sampai berlebihan ya makannya. Banyak juga warga yang menggunakan momen ini untuk berfoto-foto, karena latar belakang foto berupa pemandangan gedung-gedung pencakar langit akan menghasilkan foto yang menarik.
 

Kapan lagi kita bisa merasakan berolahraga di pusat kota Jakarta tanpa hiruk pikuk kendaraan, bahkan semerawut. CFD hadir selain sebagai sarana berolahraga dan hiburan untuk warga Jakarta tapi juga untuk mengurangi polusi udara yang kian parah di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar