Oleh-Oleh Khas Medan yang Populer Dimana-Mana

Selasa, 04 Februari 2014

Jalan-jalan ke Medan kurang afdol pastinya jika tidak menyempatkan diri membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Karena mereka pastinya juga akan menagih kamu saat pulang tapi hanya membawa baju kotor saja hehehe.

Kamu juga tidak perlu repot-repot mencari penginapan, karena di Medan ada banyak hotel-hotel yang bisa menunjang liburan kamu selama disana, seperti Grand Swiss Belhotel Medan. Terletak di jantung kawasan bisnis Medan, hanya 60 menit berkendara dari bandara internasional Kualanamu. Hotel ini menawarkan kamar-kamar modern dengan akses internet gratis dan TV layar datar. Fasilitasnya meliputi kolam renang outdoor, spa dan layanan pijat, sauna, gym, serta hot tub. Fasilitas rapat/perjamuan juga tersedia. Semua kamarnya dilengkapi dengan AC, TV satelit, serta alat membuat teh dan kopi. Swiss Café yang memiliki dapur terbuka menyajikan pilihan masakan Asia dan Barat. The Rendezvous Lobby Lounge menawarkan makanan ringan lokal dan internasional. The Edge Restaurant yang berada di puncak gedung adalah pilihan tempat bersantap lainnya. Jika melakukan pemesanan sekarang, kamu akan mendapatkan potongan mulai dari 8%.


Oleh-oleh khas Medan sendiri sangat banyak jenisnya, mulai dari kain hingga makanan. Dan biasanya yang paling diburu adalah makanan. Oleh-oleh makanan khas Medan sudah banyak yang populer hingga ke pelosok nusantara. Apa sajakah itu?


1.    Bolu Meranti


Bolu Meranti
Bolu Meranti
Bolu ini sekilas memang terlihat tidak ada bedanya dengan bolu-bolu lainnya. Namun setelah merasakannya kamu pasti tahu dimana letak perbedaannya. Ya, rasanya lah yang menjadi pembeda bolu Meranti. Ada 3 varian rasa yaitu keju, cokelat dan Blueberry. Jika ingin berhemat kamu bisa membeli yang satu kotak berisi 3 rasa itu. Untuk membelinya kamu bisa ke Kedainya yang berada di jalan Kruing, Medan.

2.    Bika Ambon


Bika Ambon
Bika Ambon
Jajanan yang satu ini memang sudah banyak penjualnya. Namun yang paling enak adalah Bika Ambon buatan Bu Zulaikha di Jalan Mojopahit, Medan. Walaupun namanya Ambon tapi jajanan ini memang asli dari Medan. Varian rasanya yaitu original, mocca, keju, pandan dan pandan keju. 

3.    Sirup Markisa

Sirup Markisa
Sirup Markisa
Sirup ini tentunya jangan sampai dilupakan dari daftar oleh-oleh khas Medan yang harus dibeli. Buah markisa yang hanya tumbuh di Brastagi ini bisa kamu nikmati dalam 2 bentuk yaitu buah dan sirupnya. Sirup markisa telah menjadi komoditif unggulan dari Brastagi. Untuk mendapatkan minuman ini sangat mudah, karena dijual hampir di semua toko di Brastagi atau Medan menjual minuman ini. Harganya berkisar antara 25 ribu-30 ribu per botolnya. Sirup ini sendiri dibuat oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1982.

4.    Durian Medan


Durian Medan
Durian Medan
Sejak banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Medan menggunakan pesawat, banyak yang mengalami kesulitan untuk membawa pulang durian Medan karena dilarang oleh perusahaan penerbangan. Menyiasati hal tersebut, para penjual durian Medan sudah mengupas dan mengemasnya serapi mungkin agar tidak tercium aroma durian yang menyengat. Durian ini selain bisa dibawa langsung, juga bisa diirim melalui paket.

Selain itu anda juga bisa menikmati durian dalam bentuk olahan seperti Pancake Durian. Salah satu toko yang menjadi rekomendasi adalah Durian House. Kabarnya pancake durian disini merupakan yang paling enak dan menjadi ikon Durian House. Lokasinya berada di Jalan Sekip dan di Jalan Gajah Mada. Selain Pancake Durian, ada juga olahan durian lainnya seperti bolu durian dan dodol durian. 


5.     Lemang

Lemang
Lemang
Jajanan ini terbuat dari beras pulut yang dibakar di dalam sepotong bambu. Penjual Lemang banyak ditemukan di Jalan Flamboyan, Gatot Subroto dan Bromo, Medan. Per bambu Lemang dihargai antara Rp 20 ribu-25 ribu.

Selamat menikmati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar