Gua Maria Tritis, Surganya Stalaktit yang Penuh Mistis

Selasa, 04 Februari 2014

Saat anda sedang atau akan mengunjungi Yogyakarta dan bermaksud untuk pergi ke Wonosari, cobalah sejenak untuk mampir ke sebuah gua bernama Gua Maria Tritis. Gua ini merupakan tempat berziarah untuk umat kristiani, tapi bukan berarti umat agama lain tidak bisa mengunjungi tempat ini. Untuk bisa sampai ke lokasi ini ada 2 jalur, jalur panjang dan pendek. Keduanya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jika anda umat kristiani yang baru pertama kali datang ke tempat ini, anda bisa mencoba jalur panjang. Di jalur ini anda bisa melakukan jalan salib dimana terdapat 14 pemberhentian dengan tanda mozaik batu yang menggambarkan perjalanan Yesus disalib. Di pemberhentian ke 12 terdapat 3 salib sebagai deskripsi Yesus disalib. Di pemberhentian ini juga akan dilalui para wisatawan yang memilih jalur pendek. Jalan menuju ke gua tidak begitu mulus, berbatu dan berkelok-kelok di jalur yang kadang menyempit seperti gang dengan pemandangan hutan jati di sisi kanan dan kirinya. Namun hal ini justru akan memberikan kesan seperti sedang berpetualang. 

Gua yang terletak di desa Singkil, Wonosari ini berbentuk stalaktit yang meneteskan air. Tetesan air di dalam gua inilah yang lantas menjadikan gua ini bernama Tritis yang dalam bahasa Jawa berarti Tumaritis atau tetesan air. Suara air dari ketinggian dan jatuh di penampungan memecah kesunyian di gua ini dan menciptakan suasana yang damai. Keindahan stalaktit yang berukuran besar mampu membuat siapa saja yang meihat akan merasa betapa kecil dan lemahnya manusia di hadapan Sang Pencipta. Gua yang tadinya terlihat menyeramkan ini pun berubah menjadi favorit para peziarah. Gua ini telah ditemukan sejak tahun 1974 oleh seorang anak kecil yang kemudin memberi tahukan penemuannya ini kepada seorang pastur. Pastur itupun langsung mengubah gua menjadi tempat peribadatan.

Gua Maria Tritis
Gua Maria Tritis
Jika biasanya patung Bunda Maria berwarna putih, lain halnya dengan patung Bunda Maria Di Gua ini. Di tempat ini patung Bunda Maria berwarna abu-abu yang berasal dari batuan gunung Merapi. Selain patung Bunda Maria, ada juga salib putih yang terletak di atas altar dan sering dijadikan tempat berdoa bagi para peziarah. Bagi wisatawan yang bukan penganut Katholik, anda bisa menyusuri gua ini dengan melihat-lihat juluran stalaktit yang terdapat banyak di dalam gua. Karena ada beberapa yang masih meneteskan air, stalaktit pun berlumut. Ada beberapa stalaktit yang dipotong demi unsur keselamatan para jemaat. Di gua ini juga disediakan bangku panjang yang bisa dipakai untuk beristirahat jika anda kelelahan.

Anda yang ingin berwista ke Jogja dan ingin mengunjungi Gua Maria Tritis, tidak perlu repot-repot mencari penginapan. Anda bisa menginap di hotel Santika Jogja. Kamar-kamar ber-AC di salah satu hotel Jogjakarta ini menyuguhkan pemandangan kota Jogja. Tiap kamar memiliki TV layar datar, minibar, serta fasilitas membuat teh/kopi. Kamar mandi pribadinya memiliki bathtub atau shower. Anda dapat menikmati pijat relaksasi di spa atau berolahraga di pusat kebugaran. Fasilitas lainnya mencakup arena perbelanjaan dan pusat bisnis. Hotel menyediakan bantuan pramutamu, penukaran mata uang, dan layanan kamar 24 jam. Jika anda melakukan pemesanan sekarang, anda akan mendapatkan diskon 8%. Jarak dari hotel Santika Jogja menuju gua Maria Tritis pun tidak teralu jauh.

Keistimewaan lain dari gua ini adalah letaknya yang berdekatan dengan objek wisata pantai yang tersebar di sepanjang pantai selatan Gunung Kidul. Para peziarah dan pengunjung lainnya bisa menghabiskan waktu untuk berekreasi di pantai.

1 komentar

  1. BetMGM launches sportsbook in Michigan - JTM Hub
    The BetMGM Michigan sportsbook will be a fully integrated app for the BetMGM brand. 여수 출장마사지 As bet365 of Dec. 19, BetMGM launched its 인천광역 출장샵 online sports 대구광역 출장샵 betting service in Michigan 문경 출장안마

    BalasHapus