Jakarta Punya Museum Dengan Nilai Seni Tinggi

Selasa, 04 Februari 2014

Sebagai ibukota Negara, Jakarta memiliki beragam destinasi seperti taman kota, mall-mall dan juga museum tentunya. Tak disangka ternyata Jakarta pun memiliki museum dengan nilai seni yang tinggi. Sayangnya museum-museum ini masih belum banyak diketahui masyarakat.
 
Anda yang berasal dari luat kota Jakarta dan ingin mengunjungi tempat-tempat menarik di Jakarta, tidak perlu repot-repot mencari penginapan. Anda bisa menginap di hotel Alila Jakarta. Salah satu hotel Jakarta Pusat ini letaknya hanya 10 menit berjalan kaki dari Istana Merdeka. Hotel Alila menawarkan 2 restoran, kolam renang, dan kamar-kamar dengan pemandangan menyapu kota. Tersedia juga Wi-Fi gratis. Kamar-kamar luas di Alila Jakarta memiliki dekorasi modern dan jendela-jendela besar. Masing-masing kamar berperabotan lengkap menyediakan TV layar datar dengan saluran kabel dan kamar mandi pribadi dengan bathtub. Kamu bisa berolahraga di pusat kebugaran atau menikmati layanan pijat tradisional Indonesia di Spa Alila. Perjalanan wisata dapat direncanakan di meja layanan wisata, sedangkan cendera mata lokal tersedia di toko suvenir. Restoran Buzz menyajikan berbagai hidangan Asia dan Barat. Pilihan makan lainnya mencakup hidangan Shanghai di Shanghai Storm dan kudapan ringan di Space Lounge. Jika kamu melakukan pemesanan sekarang, kamu akan mendapatkan diskon mulai dari 8%. Dari hotel ini kamu juga tidak akan kesulitan jika ingin mengunjungi museum-museum di Jakarta, karena letak hotelnya berada di pusat kota Jakarta. Berikut daftar museum dengan nilai seni tinggi yang belum banyak diketahui orang.

1.    Museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan

Museum Basoeki Abdullah
Museum Basoeki Abdullah
Beralamat di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, museum ini sangat pas bagi pengunjung yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Museum dengan 2 lantai ini awalnya merupakan rumah Basoeki Abdullah. Basoeki Abdullah sendiri adalah seorang pelukis handal. Seumur hidupnya ia telah banyak menciptakan karya seni yang mengagumkan yang sudah diakui dunia. Ia pernah diundang oleh Ratu Elizabeth II untuk mengikuti lomba melukis. Beliau berhasil menjuarai lomba tersebut dan hasil karyanya kini disimpan di kerajaan Belanda.

Di lantai 1 museum ini anda bisa menemukan peninggalan-peninggalan dan catatan-catatan prestasi emasnya. Di lantai 2-nya ada 40 lukisan. Lukisannya banyak menggambarkan tokoh-tokoh dunia seperti Pangeran Diponegoro, RA Kartini dan masih banyak lagi. Ada juga lukisan 3 dimensi berupa putri duyung yang matanya bisa bergerak.

2.    Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat

Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda
Satu lagi museum yang anda mungkin belum tahu yaitu museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Keunikan museum ini karena menyimpan kisah para pejuang yang mengusir penjajah di usia muda.

Memasuki museum ini semangat kemerdekaan anda akan bertambah. Bagaimana tidak, ada banyak kutipan-kutipan para pemuda yang menggetarkan jiwa seperti “Memperoleh Indonesia merdeka adalah kewajiban yang terluhur buat anak negeri Indonesia” yang ditulis oleh Batavia PPPI (Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia).

Salah satu yang terkenal dari museum ini adalah adanya diorama peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Diorama tersebut letaknya di tengah museum dengan 7 patung pemuda yang sedang duduk dan 1 patung pemuda yang sedang bermain biola.

Di belakang museum ada ruangan tentang perjuangan para pemuda melalui media dan organisasi pramuka. Museum ini juga mempunyai ruangan biografi mini khusus WR Soepratman, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

3.    Museum Polri, Jakarta Selatan

Museum Polri
Museum Polri
Ingin mengenal polisi lebih dekat? Datanglah ke museum Polri yang letaknya berdekatan dengan Mabes Polri dengan harga tiket gratis. Ada 7 ruangan yang bisa dimasuki wisatawan, antara lain ruang koleksi dan peristiwa, ruang sejarah, hall of fame, ruang kepahlawanan, ruang simbol dan kesatuan, ruang penegakan hukum dan kids corner.

Di museum ini anda akan diajak lebih dekat mengenal tugas-tugas polisi. Selain itu, berbagai peristiwa bersejarah dan cerita suka duka menjadi seorang polisi bisa anda pelajari disini.

4.    Museum Katredral

Museum Katredral
Museum Katredral
Tahukan anda bahwa di dalam gereja Katedral terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai benda-benda bersejarah milik gereja yang sudah berumur ratusan tahun ini. Ya, di museum katedral menyimpan koleksi seperti buku baptis 1811 hingga tongkat hadiah pemberian Paus Paulus VI pada tahun 1970.



1 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus