Mengenang Sadisnya Tragedi G30S/PKI di Monumen Pancasila Sakti

Senin, 03 Februari 2014

Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti
 Tahun 1997, film propaganda menyeramkan tentang peristiwa G30S/PKI tayang untuk terakhir kalinya. Sejak Soeharto lengser, banyak kabar baru yang menyeruak tentang tewasnya 7 perwira tinggi Indonesia secara mengenaskan dan banyak pula fakta-fakta mengenai peristiwa tesebut yang masih diperdebatkan hingga sekarang. Yang jelas, kita masih bisa mengenang peristiwa menyedihkan tersebut dengan mengunjungi Monumen Pancasila Sakti di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Kamu yang berasal dari luar Jakarta dan ingin bisa lebih lama lagi berada di kota metropolitan ini tidak perlu repot-repot mencari penginapan, hotel Alila Jakarta bisa jadi alternatifnya. Terletak di pusat kota, 10 menit berjalan kaki dari Istana Merdeka. Hotel di Jakarta Pusat ini menawarkan 2 restoran, kolam renang dan kamar-kamar dengan pemandangan menyapu kota. Tersedia juga Wi-Fi gratis. Kamar-kamar luas di Alila Jakarta memiliki dekorasi modern dan jendela-jendela besar. Masing-masing kamar berperabotan lengkap dengan TV layar datar bersaluran kabel dan kamar mandi pribadi dengan bathtub. Kamu bisa olahraga di pusat kebugaran atau menikmati layanan pijat tradisional Indonesia di Spa Alila. Perjalanan wisata dapat direncanakan di meja layanan wisata, sedangkan cendera mata lokal tersedia di toko suvenir. Restoran Buzz menyajikan berbagai hidangan Asia dan Barat. Pilihan makan lainnya mencakup hidangan Shanghai di Shanghai Storm dan kudapan ringan di Space Lounge. Kamu pun bisa menikmati perawatan spa yang memanjakan di Spa Alila. Jika kamu melakukan pemesanan sekarang, kamu akan mendapatkan diskon mulai dari 8%. Hotel ini hanya berjarak 4 km dari pusat bisnis dan 25 km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta serta tidak terlalu jauh dari Monumen Pancasila Sakti.
 
Terletak di Jalan Raya Pondok Gede Lubang Buaya, Cipinang, Jakarta Timur, kompleks Monumen Pancasila Sakti terbilang cukup mudah diakses dari pusat kota Jakarta. Di sekitarnya terdapat banyak penunjuk jalan yang semakin memudahkan siapa saja berkunjung ke tempat ini. Di dalamnya terdapat banyak pohon-pohon besar yang rindang sehingga membuat udara di kompleks monumen ini tidak terlalu panas. 

Lubang Buaya
Lubang Buaya
 Anda akan dibuat takjub saat sampai di depan monumen yang memang terlihat begitu kokoh. Di monumen ini terdapat 7 patung pahlawan revolusi berdiri dan membentuk formasi setengah lingkaran. Ke 7 pahlawan revolusi itu antara lain Ahmad Yani, Raden Suprapto, Mas Tirtodarmo Haryono, Siswondo Parman, D.I Panjaitan, Sutoyo Siswomiharjo dan Piere Andreas Tendean. Tak jauh dari patung-patung inilah sumur yang menjadi tempat pembuangan mayat ke 7 pahlawan revolusi itu berada. Sumur itu sangat sempit, hanya berdiameter 75 cm dengan kedalaman 12 meter. Di permukaan sumur tersebut ada cat merah sebagai gambaran bahwa dulunya sumur itu penuh dengan mayat yang bersimbah darah. 

Tidak hanya sumur ‘maut’ itu saja yang diilustrasikan bersimbah darah, ada juga diorama ke 7 pahlawan revolusi yang bersimbah darah. Ragam diorama yang dipamerkan di monumen ini memang detail dan mampu bercerita. Juga terdapat rekaman suaranya yang membuat diorama ini seolah-olah nyata. Misalnya saja di ruang penyiksaan, disini benar-benar dibangun suasana penyiksaan lengkap dengan suara-suara dan backsound yang menguatkan upaya doktrin.

Drama yang dipamerkan di Monumen Pancasila Sakti

Drama yang dipamerkan di Monumen Pancasila Sakti
 Secara keseluruhan, apa yang dipamerkan di kompleks monumen ini memang gambaran dari film G30S/PKI. Kamu akan merasakan 'kengeriannya' jika berkunjung pada saat monumen ini sepi. Monumen Pancasila Sakti buka dari Selasa-Minggu mulai jam 09.00 hingga 16.00. Khusus pada Minggu pagi, diadakan ‘Minggu ria’ di sekitar kompleks yang berlangsung dari jam 06.00-09.00.  Menurut petugas monumen, kini pengunjung di Monumen Pancasila Sakti berkurang.

1 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus