Menikmati Senja di Istana Ratu Boko

Kamis, 06 Februari 2014

Bagi yang belum mengetahui bangunan ini, letaknya sebenarnya masih di kawasan Prambanan namun perlu kendaraan atau berjalan jauh untuk sampai ditempat ini. Istana ini sudah dibangun sejak abad ke-8, bangunan yang bentuknya seperti reruntuhan candi ini memang sangat megah pada masanya. Dibangun oleh salah satu kerabat pendiri Borobudur. Dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, yaitu salah satu keturunan Wangsa Syailendra.

Sebelum dikenal sebagai Istana Ratu Boko, bangunan ini bernama Abhayagiri Vihara yang berarti biara dibukit yang penuh kedamaian. Tempat ini awalnya didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri dengan kehidupan spiritual. Jika Anda sampai disini, perasaan memang tenang pemandangan yang disajikan adalah kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi, sungguh indah bukan?

Menikmati Senja di Istana Ratu Boko
Menikmati Senja di Istana Ratu Boko
Luas areanya 250.000 meter persegi dan dibagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengahnya terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan candi pembakaran, kolam, batu berumpak, dan paseban. Bagian tenggaranya ada pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam dan kompleks keputren. Sedangkan dibagian timur terdapat kompleks gua, stupa budha, dan kolam. Bagian baratnya sendiri adalah perbukitan. Memasuki gerbang istana, Anda berarti masuk kebagian tengah. Ada dua buah gapura, yang pertama memiliki tiga pintu dan yang kedua memiliki lima pintu.

Berjalan sekitar 45 meter dari gapura kedua, Anda akan menemui bangunan candi yang berbahan dasar batu putih sehingga disebut Candi Batu Putih. Tak jauh dari itu, ada candi pembakaran yang berbentuk bujur sangkar dengan sisinya 26 meter dan dua teras. Candi tersebut memang digunakan untuk pembakaran jenasah, adajuga sebuah batu kolam yang akan Anda temui sekitar 10 meter dari candi pembakaran.
 

Menikmati Senja di Istana Ratu Boko
Menikmati Senja di Istana Ratu Boko
Ada juga sumur Amerta Mantana disebelah tenggara Candi Pembakaran, mitosnya air sumur itu bisa membawa keberuntungan bagi pemakainya. Penganut agama hindu masih banyak yang menggunakannya untuk Upacara Tawur yang dilakukan sehari sebelum nyepi. Berjalan kearah timur istana, Anda akan menjumpai dua buah gua yang berukuran 20 meter x 50 meter dan stupa Budha. Unsur-unsur Hindu masih melekat di Istana Ratu Boko ini, meskipun yang mendirikan adalah seorang Budha. Mungkin karena saat itu Rakai Panangkaran adalah seorang Budha yang tinggalnya berdampingan dengan para penganut Hindu.

Keunikan dari Istana Boko adalah, jika bangunan peninggalan lain adalah candi, istana ini adalah tempat tinggal. Terbukti dari adanya bangunan berupa tiang yang ataonya terbuat dari bahan kayu. Meski sekarang yang bisa dilihat hanya seperti reruntuhan batu saja. Cara lain untuk menikmati suasana disana adalah dengan melihat sunset, senja yang dihasilkan ditempat itu sangatlah indah dan menawan. Selamat menikmati keindahan Istana Ratu Boko.

Setelah menikmati keeksotisan  dari Istana Boko, saatnya Anda memilih penginapan di Hotel Jogja. Salah satu pilihan yang tepat adalah Amaris Hotel Yogjakarta, yang terletak di Jalan Diponegoro No. 87 Tugu Jogja, Yogyakarta. Bertempat di lokasi utama Yogyakarta, Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta menempatkan segala sesuatu yang kota tawarkan hanya di luar pintu depan Anda. Menawarkan berbagai fasilitas dan layanan, hotel menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk bermalam dengan nyaman. Coffee shop, ruang merokok, wi-fi di tempat-tempat umum, ruang keluarga, lift adalah beberapa dari banyak fasilitas yang ditawarkan. Kamar tamu yang ditunjuk memiliki fitur internet (wireless), air botol gratis, kotak penyimpanan dalam-kamar, shower, internet wireless (gratis). Hotel ini menawarkan berbagai peluang rekreasi. Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta adalah pilihan yang sangat baik untuk menjelajahi Yogyakarta atau untuk sekadar bersantai dan menyegarkan diri.

2 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus