Oleh-Oleh Paling Top Khas Jogja

Selasa, 04 Februari 2014

Sudah bukan rahasia lagi jika Jogja memiliki oleh-oleh yang khas. Kota ini memang istimewa termasuk keragaman oleh-olehnya. Maka dari itu jika kita mengunjungi Jogja rasanya kurang nikmat jika belum membeli oleh-olehnya yang khas untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat. Diantaranya yang paling top dan selalu diburu adalah:


1.    Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok
 Anda pasti sudah mengenal panganan yang satu ini, berbentuk bulat dengan isi kacang hijau di dalamnya, dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Di beberapa daerah makanan ini diberi nama pia.Di Jogja sendiri daerah yang terkenal karena bakpianya ada di daerah Pathuk, Jogjakarta. Itulah sebabnya makanan ini sering disebut bakpia pathok.

Saat ini bakpia pathok tidak hanya berisi kacang hijau, tapi ada juga yang berisi cokelat atau keju. Sedikit tips saat anda hendak membeli bakpia, minta izin pada penjual untuk mencicipinya terlebih dahulu. Jika saat dikunyah masih lunak dan mudah hancur, berarti masih baru dan layak dikonsumsi serta tahan lama. Namun sebaliknya, jika agak keras sebaiknya tidak usah dibeli karena kemungkinan bakpianya sudah lama atau sudah kadaluarsa. Panganan ini sebaiknya dikonsumsi maksimal 3 hari setelah hari pembuatan.

Anda yang sedang berlibur di kota Jogja, tidak perlu repot lagi mencari penginapan. Anda bisa menginap di hotel Santika Jogja. Hotel ini menawarkan sebuah kolam renang outdoor dan restoran 24 jam. Tersedia Wi-Fi gratis dan parkir gratis. Kamar-kamar ber-AC di salah satu hotel di Jogjakarta ini menyuguhkan pemandangan kolam renang, kota Jogja, atau Gunung Merapi. Tiap kamar memiliki TV layar datar, minibar, serta fasilitas membuat teh/kopi. Kamar mandi pribadinya memiliki bathtub atau shower. Anda dapat menikmati pijat relaksasi di spa atau berolahraga di pusat kebugaran. Fasilitas lainnya mencakup arena perbelanjaan dan pusat bisnis. Hotel menyediakan bantuan pramutamu, penukaran mata uang, dan layanan kamar 24 jam. Anda bisa sarapan pagi yang disajikan secara prasmanan di Restoran Pandan Sari yang juga menawarkan hidangan Indonesia dan Eropa. Dengan menghadap kolam renang, Lobby Lounge menyediakan menu minuman dan pertunjukkan hiburan malam. Hotel Santika Jogja hanya 5 menit berkendara dari stasiun kereta terdekat. Hotel ini dapat dicapai dalam waktu 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Adisucipto. Jika melakukan pemesanan sekarang, anda akan mendapatkan diskon 8%. Anda pun akan dipermudah jika ingin berbelanja oleh-oleh khas Jogja.

2.    Geplak

Geplak
Geplak
Panganan ini berbahan dasar kelapa, gula dan pewarna makanan serta aroma yang sesuai selera. Biasanya dibuat dengan warna mencolok tergantung rasanya. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Setelah bahan disiapkan, langkah selanjutnya kelapa muda diambil dagingnya dan dibersihkan kulit luarnya lalu diparut. Santannya ditempatkan di kuali dan dicampur dengan gula lalu diaduk. Kemudian dinaikkan ke tungku, setelah 4 jam diturunkan dari tungku dan diberi aroma, lalu dibentuk dan diangin-anginkan selama 10 menit. Geplak sangat mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Jogjakarta.

3.    Yangko

Yangko
Yangko
 Merupakan sejenis makanan yang terbuat dari bahan tepung ketan. Berbentuk persegi empat yang mungil dan kenyal ditambah dengan balutan tepung terigu. Selain rasa manisnya yang dominan, di dalam yangko juga anda akan merasakan aromanya yang khas.

Makanan ini asalnya dari Kotagede. Pada awalnya yangko hanya berisi campuran kacang dan gula. Namun kini yang semakin semarak dengan banyaknya rasa baru yang bermunculan, seperti rasa buah-buahan.

Proses pembuatan makanan mungil terbilang mudah. Hanya saja dibutuhkan ketekunan, ketelitian dan pastinya keterampilan.

Meski yangko merupakan makanan khas Kotagede, namun makanan ini juga bisa ditemui di pusat oleh-oleh Jogjakarta.


1 komentar

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus