Wisata Religi di Patung Budha Empat Wajah

Selasa, 04 Februari 2014

Terletak di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran yang terkenal terdapat sebuah patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha dengan delapan tangan, menarik bukan? Tak banyak patung Budha seperti ini di Indonesia. Beberapa patung Budha memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, seperti Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Vihara Dhammadipa Arama di Malang, Pagoda Avalokitesvara Budhagaya Watugong di Semarang dan Vihara Budha Dharma 8 Pho Sat di Bogor.

Patung Budha Empat Wajah
Patung Budha Empat Wajah
 Patung ini dibangun pada bulan Juli 2003 dan menempati lahan seluas 1,5 hektar. Bangunan utama dari patung ini berukuran 9x9 meter, termasuk kubah yang ukurannya mencapai 36 meter. Ada yang mengatakan bahwa total biaya yang dibutuhkan untuk membangun patung ini hampir Rp 4 miliar. Patung ini menjadi lebih megah karena bahan unutk lapisan patung menggunakan emas murni yang langsung dibawakan dari Thailand. Patung ini menempati bangunan semacam stupa, dimana Sang Budha duduk di tahtanya.

Karena terdapat 4 wajah,  wajah yang paling depan menghadap lurus ke depan dengan tangan yang memegang tasbih. Selain itu, bangunan ini juga dikelilingi empat pilar yaitu pilar hijau atau emas yang terdiri dari 3 bagian stupa, patung Budha dan singgasana Budha. Di bagian atas stupa telah dilengkapi dengan penangkal petir sedangkan patung Badung dan tahta masing-masing memiliki tinggi 9 meter. Angka 9 tersebut memiliki arti angka tunggal tertinggi, sekaligus sebagai lambang kesempurnaan.

Anda yang ingin mengunjungi tempat ini namun berasal dari luar kota Surabaya, tidak perlu repot-repot mencari penginapan. Anda dapat menginap di hotel Utami Surabaya. Salah satu hotel murah Surabaya ini terletak hanya 5 menit berkendara dari Bandara Internasional Juanda dan 20 menit berkendara dari Surabaya pusat. Hotel Utami menawarkan kamar-kamar ber-AC dengan interior bergaya Eropa atau Indonesia modern. Hotel memiliki restoran, pusat bisnis, dan Wi-Fi gratis di area-area umum. Dilengkapi dengan perabotan kayu klasik, kamar-kamar di hotel ini juga menawarkan area tempat duduk dan TV. Semuanya memiliki meja rias dan kamar mandi pribadi dengan shower berpemanas. Staf akan memberikan layanan kamar 24 jam dan melayani kebutuhan binatu Anda. Terdapat juga fasilitas pertemuan dan toko obat di dalam lokasi hotel. Jika anda melakukan pemesanan sekarang, anda akan mendapatkan diskon mulai dari 8%. Hotelnya pun berlokasi tidak terlalu jauh dari patung Budha Empat Wajah. Perjalanannya kurang lebih 30 menit.

Empat wajah dalam patung Budha ini berarti empat sifat yang baik dari Sang Budha yaitu pengasih, murah hati, adil dan meditasi. Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Budha di Bangkok yang terdiri dari wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Selain patung Budha Empat Wajah, di tempat ini anda juga akan melihat empat patung gajah putih sekitar 4 kaki di setiap sudutnya, 3 bunga teratai yang menghiasi kolam renang dan ruang meditasi. Di tempat ini juga dihiasi dengan 12 lampu yang dibuat dari perunggu dan tembaga.
Patung Budha ini diresmikan pada 9 November 2004. Dengan bangunannya yang menakjubkan, patung Budha Empat Wajah menjadi salah satu tujuan yang menarik di Surabaya. Bahkan patung ini sempat mendapatkan rekor Muri sebagai patung tertinggi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar