Wisata 7 Curug di Curug Cilember Puncak

Selasa, 04 Februari 2014

Puncak, Bogor masih menjadi tujuan utama warga Jakarta untuk menghabiskan libur akhir pekannya. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta serta pemandangan dan suasananya yang sejuk membuat Puncak Bogor menjadi andalan warga ibukota yang ingin melepas penatnya hiruk pikuk kota Jakarta. Di rute Puncak sendiri terdapat banyak tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan alternatif liburan. 

Anda yang ingin merasakan kesegaran Puncak Bogor beserta pemandangannya yang menakjubkan dalam jangka waktu beberapa hari bisa dilakukan dengan cara menginap. Hotel di Puncak yang bisa menjadi alternative anda menginap salah satunya adalah hotel Novus Puncak. Resor alami ini menyuguhkan panorama gunung Gede yang akan membuat anda betah menginap disini. Belum lagi dekorasi ala pedesaannya yang terlihat tetap elegan. Ada Bamboo Terrace Restaurant yang menyajikan hidangan secara prasmanan. Disajikan pula teh dan makanan ringan sore di Poolside Lounge. Tidak jauh dari hotel ini ada satu tempat wisata yang sangat menarik.

Curug Cilember
Curug Cilember
 Berada di Kecamatan Cisarua, Bogor terdapat objek wisata bernama Curug Cilember. Menuju wisata ini cukup mudah, bisa menggunakan sepeda motor atau angkutan umum. Namun apabila anda datang dari Jakarta dengan menggunakan mobil, anda harus siap-siap menghadapi kemacetan terutama saat akhir pekan. Selama perjalanan menuju tempat ini anda akan disuguhkan trek-trek yang bisa menguras adrenalin anda. Tentunya pengalaman ini tidak akan terlupakan.

Dengan tiket masuk seharga 10.000 rupiah anda akan merasakan udara segar yang dipadu dengan merdunya suara gemericik air lengkap dengan latar belakangnya yang mengagumkan di Curug Cilember. Setibanya di tempat ini anda akan disambut bunga-bunga anggrek yang tumbuh alami ataupun secara silang. Juga terdapat 12 spesies kupu-kupu di dalam penangkaran kupu-kupu. Menuju tempat penangkaran jalannya sudah bagus, menyeberangi jembatan kecil yang terbuat dari bamboo, melewati warung-warung makan dan toko souvenir. Di sepanjang jalannya ditumbuhi pepohonan rindang.Pemandangan langka seperti inilah yang diminati wisatawan.

Daya tarik lainnya dari wisata ini adalah keberadaan 7 curug berurutan dengan air yang jernih dan mengalir sampai Curug Cilember. Semakin kecil angkanya maka akan semakin tinggi letak air terjunnya. Yang paling dekat dan paling mudah dijangkau adalah curug No. 7. Curug ini merupakan yang paling bawah dan paling dekat dari pintu masuk. Konon curug ini dipercaya berkhasiat sebagai obat awet muda, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan membuat orang cepat mendapatkan jodoh. Menuju curug No.7 itu anda akan menyusuri jalanan yang tersusun dari batu-batuan namun ditata dengan baik dan berundak-undak seperti tangga. Bagi yang memiliki hobi hiking dan trekking, anda bisa mendaki hutan pinus setelah melewati 7 curug tersebut. Anda tidak perlu takut tersesat, karena informasi penunjuk arahnya tersebar dimana-mana. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi foto pre-wedding.

Selanjutnya adalah Curug No.5. Curug ini agak lebih sulit dijangkau dibandingkan curug No.7, karena jalannya agak menanjak dan berat. Jalannya juga masih berupa tanah. Akan tetapi hal itu tidak menyurutkan niat para pengunjung terutama mereka yang memiliki jiwa adrenalin yang tinggi. Air terjunnya tidak terlalu besar dan tinggi. Namun karena lokasinya yang belum begitu ramai, rasanya tetap menyenangkan. Di curug ini juga sudah ada warung makan dan toilet.

Untuk curug yang lain, jika anda ingin kesana harus meminta izin terlebih dahulu dari pengelola dikarenakan medannya yang berat. Tunggu apa lagi, sempatkan diri anda untuk mampir ke tempat ini. Selamat berwisata!

1 komentar